GENMUSLIM.id- Copywriting adalah seni dan ilmu untuk menulis teks yang persuasif dengan tujuan untuk mempengaruhi orang lain agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau jasa, namun bagaimana dalam pandangan Islam?
Penggunaan copywriting dalam pemasaran produk menurut pandangan Islam bisa dilihat dari perspektif etika bisnis dan komunikasi.
Memang tak ada ayat Al Qur'an yang secara khusus membahas copywriting, tetapi prinsip-prinsip umum Islam seperti kejujuran, keadilan, dan kebaikan berlaku dalam setiap aspek kehidupan, termasuk bisnis dan pemasaran.
Berikut adalah beberapa pandangan dan prinsip Islam terkait dengan penggunaan copywriting dalam pemasaran produk:
Baca Juga: Kementerian ESDM Buka Peluang Lebar CPNS 2023 Apa Saja Ketentuannya? Intip Selengkapnya di Sini!
1.Kebenaran dan Kehalalan
Dalam Islam, prinsip kebenaran dan kehalalan sangat penting.
Seorang copywriter Muslim harus menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan tidak boleh berbohong atau menyesatkan dalam upaya memasarkan produk.
Seperti dikutip Genmuslim dari Al Qur'an dalam Surat Al-Baqarah ayat 42.
"Jangan kalian mencampur kebenaran dengan kebatilan. Jangan juga kalian menyembunyikan kebenaran. Padahal kalian menyadarinya."
Baca Juga: Cerpen Psikologi Kriminal Bagian 3: Kejahatan Muncul Karena Kebaikan yang Selalu Diabaikan
Pada penggalan ayat ini menggarisbawahi pentingnya berbicara yang benar dan tidak memanipulasi informasi dalam copywriting.
Menyajikan produk dengan cara yang jujur adalah kewajiban dalam Islam.
2.Menghormati Konsumen