GENMUSLIM .id– Banyaknya pelaku usaha online, membuat persaingan mendapatkan customer makin ketat.
Dilansir Genmuslim dari Kominfo.go.id, pada tahun 2022, tercatat sebanyak 21 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia yang sudah beralih ke usaha online dalam memasarkan produknya sampai ke tangan customer.
Usaha online yang menjamur, sangat memanjakan customer karena pilihan toko yang tersedia makin beragam.
Namun bagi pelaku usaha online, harus makin meningkatkan kemampuan yang dimiliki, agar mampu bersaing mendapat perhatian customer, dan sekaligus mempertahankan pelanggan agar tak berpindah ke kompetitor.
Tak Selalu Tentang Harga
Dalam persaingan yang semakin ketat, membuat harga bukan lagi menjadi faktor penentu yang mampu menarik customer.
Pengguna Tokopedia, Efrosina Marta Berta, yang menjadi narasumber di acara virtual Tokopedia START CX FIRST Summit 2023, Selasa, 12 September 2023, respon cepat dan tidak bertele-tele menjadi salah satu kunci kepuasan customer yang bisa saja beralih menjadi pelanggan.
Selanjutnya, dikatakan bahwa adanya human touch dalam pelayanan itu juga penting, karena membuat customer jadi lebih merasa dihargai.
Chairman of Customer Service Experience Association Indonesia, Rudyanto Manullang yang juga menjadi narasumber dalam acara Tokopedia START CX FIRST Summit 2023, sependapat dengan itu.
"Pelanggan tuh seperti perempuan, dia maunya didengar dan juga pemaaf," Kata Rudy menambahkan.
Skill Wajib yang Harus Dimiliki Pelaku Usaha Online
Rudy menjelaskan, setidaknya ada tiga kemampuan wajib yang harus dimiliki pelaku usaha online
Pertama adalah skill berkomunikasi dan kecepatan merespon, tahu saatnya kapan harus mendengar, dan berbicara.