GENMUSLIM.id - Artikel parenting kali ini membahas mengenai Studi baru Kaspersky Safe Kids yang mengungkapkan konten YouTube yang paling diminati dan banyak dilihat anak-anak selama 3 bulan terakhir
Serial kartun di YouTube
yaitu Skibidi Toilet adalah tren terpanas yang sering ditonton anak.
Lacey's Flash Games mendapatkan jumlah permintaan pencarian terbesar pada kategori game dan ulasannya di YouTube juga banyak ditonton anak-anak.
Sedangkan untuk filmnya, drama China We Fall in Love dan Love Forever Young menjadi yang terlaris.
Rata-rata, 61% anak-anak mendapatkan perangkat digital pertamanya antara usia 8 dan 12 tahun, terkadang lebih awal.
Anak-anak menjelajahi dunia maya, berteman, bermain game, menonton film, dan belajar.
Perusahaan teknologi, Kaspersky memeriksa pertanyaan online anak-anak untuk memahami apa yang menarik perhatian mereka pada musim panas ini.
Analisis ini didasarkan pada data anonim yang disediakan secara sukarela oleh pengguna Kaspersky Safe Kids: permintaan pencarian dan aplikasi Android terpopuler yang diminta.
Selama musim panas tahun 2023, tiga aplikasi terpopuler di Android adalah YouTube (30%), TikTok (17%) dan WhatsApp (15%)
Instagram menempati posisi keempat (9%) sementara YouTube kids hanya mendapat 2,5% dan tidak memiliki jangkauan yang signifikan di kalangan anak-anak.
Sedangkan untuk YouTube, konten yang paling sering dicari oleh anak-anak adalah saluran dan vlogger yang merekam video hiburan, tantangan, atau gaya hidup (21%).
Baca Juga: Pusing dengan Kelakuan Anak Dirumah? Yuk Kenali Emosi pada Anak dan Tips Mengelola Emosinya
Klasifikasi 'lainnya' mendapat 21%, dan biasanya berisi meme dan cerita yang tidak termasuk dalam kategori lain.
Blogger game berada di posisi ke-3 dengan 15% permintaan, sementara Kategori tambahan yang menduduki puncak daftar adalah kategori seperti musik (13%), film, kartun, acara TV (12%), dan permainan (9%).
Skibidi Toilet adalah salah satu tren musim panas yang merupakan serial kartun, yang dihosting di YouTube Shorts, dibuat oleh influencer Georgia DaFuq.
Dimulai dengan video pendek yang merupakan kumpulan bingkai abstrak di mana karakter utama berwujud kepala yang merangkak keluar dari toilet hingga mashup "Dom Dom Yes Yes" oleh Biser King dan "Give it to me" oleh Timbaland.
Kini menjadi serial video dengan gaya, plot, karakter, dan fandomnya sendiri. Scibidi Toilet menghasilkan hampir 9% dalam TOP-1000 permintaan pencarian YouTube.
Sedangkan untuk vlogger dan influencer YouTube, pemimpin musim panas ini adalah Triple Charm, shfa, ViktoriaSarina, Fede Vigevani, Michou, Space Family, Fala Sério, A4, yang kontennya sebagian besar berupa video gaya hidup, tantangan, video unpackage, dan seputar kecantikan.
Mengenai topik konten game, Lacey's Flash Games menerima jumlah permintaan penelusuran terbesar pada musim panas ini.
Seperti Skibidi Toilet, Lacey’s Games berevolusi menjadi web horor berdasarkan Lacey – karakter yang muncul, misalnya, dalam flash game “Lacey’s Wardrobe” (intrik utama di sini adalah keberadaan game ini di kehidupan nyata).
Berbagai pembuat konten telah membuat cerita horor berdasarkan game tersebut – hal ini telah mendorong Lacey ke puncak daftar karakter horor musim panas ini.
Di antara influencer gamer utama, yang paling populer adalah IShowSpeed, Aphmau, Paluten, Problems dan Furious Jumper.
Dalam kategori 'film, kartun, dan acara TV', kartun memegang posisi terdepan – dengan hampir 50% kueri.
Baca Juga: Tips Parenting: Kalimat Empowerment, Kalimat Ajaib dalam Membentuk Kepercayaan Diri pada Anak
Acara TV menerima 26 persen permintaan, yang merupakan kemenangan signifikan atas anime yang mendapat 16 persen pencarian.
Saluran MSA (My Story Animated) dengan bos Lady Bug, My Little Pony, Peppa Pig, dan Helluva tetap menjadi pemimpin yang tertandingi di antara penyedia kartun.
Sedangkan untuk acara TV, drama TV We Fall In Love (2023) dan Love Forever Young (2023) menarik perhatian anak-anak.
Minat musik masih berkisar pada K-pop – hampir 19% permintaan pencarian berhubungan dengan band-band Korea Selatan dan BlackPink adalah pemimpinnya.
Kegilaan Barbie juga menarik perhatian anak-anak – mereka mencari “Barbie Girl” oleh Aqua dan “Barbie World” oleh Nicki Minaj & Ice Spice.
"Tidak perlu diragukan lagi, anak-anak mengetahui tren arus utama dunia dalam film, buku, permainan, dll., namun pada saat yang sama mereka juga memiliki dunia sendiri – tidak biasa, mungkin sedikit aneh dari sudut pandang orang dewasa, dan itu sangat menarik untuk ditinjau dan dieksplorasi," komentar Anna Larkina, pakar analisis konten web di Kaspersky kepada Genmuslim, pada Selasa, 24 Oktober 2023.
Dalam ilmu parenting, untuk memastikan anak-anak mendapatkan pengalaman online yang positif, Kaspersky merekomendasikan, sebagai orang tua untuk:
1. Libatkan diri dalam aktivitas online anak-anak sejak usia dini, jadikan hal tersebut sebagai norma sehingga dapat membimbing mereka mengenai praktik keamanan online;
2. Pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi kontrol orang tua dan mendiskusikan topik ini dengan anak untuk menjelaskan cara kerja aplikasi dan mengapa itu diperlukan agar tetap aman saat online;
3. Jadikan percakapan tentang keamanan siber lebih menyenangkan dan menarik dengan mendiskusikan topik tersebut bersama anak melalui permainan dan format hiburan lainnya;
4. Cobalah memperhatikan kebiasaan sendiri. Apakah kamu menggunakan ponsel cerdas saat makan atau mengobrol? Lihat apakah ada pola anak yang meniru kebiasaan? Apakah reaksi mereka berbeda saat kamu menyimpan ponsel?
5. Mintalah anak untuk tidak melakukan persetujuan pengaturan privasi apa pun dan tanpa bantuan dari kamu. Orang dewasa harus membiasakan membaca semua perjanjian privasi.***
Sobat Genmuslim yang baik hatinya, ingin mendapat berita update setiap hari dari Genmuslim.id? Ayo gabung di Grup WhatsApp "GENMUSLIM PARENTING", caranya klik link https://chat.whatsapp.com/DAUxgNwGoIWG3OXb6LQChn, atau bisa gabung di Grup Telegram "GENMUSLIM NEWS", caranya klik link https://t.me/genmuslimnews kemudian join. Jangan Lupa install aplikasi WhatsApp atau Telegram di Ponsel.