Waduh, Mayoritas Gen Z dan Milenial Lebih Suka Membeli Makan daripada Memasak Sendiri ? Yuk, Cek Faktanya !

Photo Author
- Sabtu, 22 Juli 2023 | 13:20 WIB
Ilustrasi Gen Z dan Milenial Lebih Suka Beli Makan (GENMUSLIM.id/dok: Populix)
Ilustrasi Gen Z dan Milenial Lebih Suka Beli Makan (GENMUSLIM.id/dok: Populix)
GENMUSLIM.id- Setiap tahun, gaya hidup dan kebutuhan masyarakat khususnya Gen Z dan Milenial memengaruhi berbagai tren, salah satunya membeli makan berdasarkan tren masakan atau kuliner yang ada.
 
Kehadiran berbagai tren kuliner dari luar negeri, atau produk makanan baru juga dapat memengaruhi tren kuliner yang ada, bahkan membuat Gen Z dan Milenial lebih luka membeli makan daripada memasak sendiri.
 
Dalam penelitian dari Piper Jaffray yang bertajuk Taking Stock With Teen Study, disebutkan Gen Z dan Milenial
 lebih banyak menghabiskan uang jajan untuk membeli makanan ketimbang beli pakaian, tren ini sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.
 
Analis Nicole Miller Regan menuturkan, makanan tetap merupakan kategori pembelanjaan terbesar dalam dompet remaja khususnya Gen Z dan Milenial.
 
Gen Z dan Milenial yang berpenghasilan tinggi menghabiskan 24% dari uang mereka untuk makanan, yang mengalahkan jumlah belanja pakaian sebesar 4 poin. 
 
 
Sementara itu di Indonesia,  Populix meluncurkan laporan “Trend Makanan Dan Minuman Pada Gen Z & Millennial 2022-2023” yang membahas tentang minat dan perilaku Gen Z dan Milenial Indonesia dalam masakan khususnya mengkonsumsi makanan dan minuman. 
 
Menurut Co-Founder dan CEO Populix, Timothy Astandu  saat ini Gen Z dan Milenial mayoritas lebih menyukai membeli makan di luar baik secara online, takeaway, ataupun dine-in dibandingkan memasak sendiri atau memakan masakan yang sudah tersedia di rumah.
 
Dalam seminggu, Gen Z dan Milenial dapat membeli makanan 1-3 kali (63%) secara offline, dan dapat memesan makanan secara online minimal 2-3 kali dalam sebulan (21%) hingga  2-3 kali dalam seminggu (25%).
 
Gen Z dan Milenial juga selalu ter-update informasi promo atau makanan viral melalui media sosial. 
 
"Tren-tren inilah yang perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis kuliner dalam memasarkan produk mereka," ujar Timothy kepada Genmuslim, pada Minggu 22 Juli 2023.
 
Berdasarkan survei yang dilakukan pada 3.138 Gen Z dan Milenial, 57% responden mengatakan membeli makanan secara online, membeli makanan secara offline-takeaway (57%), memasak makanan sendiri (49%), membeli makanan secara offline-dine in (46%), dan memakan makanan yang sudah tersedia di rumah (41%).  
 
 
Faktor-faktor pertimbangan dalam memilih tempat kuliner bagi Gen Z dan Milenial adalah harga (85%), menu (78%), jenis makanan (71%), dan kualitas layanan (58%). 
 
Selanjutnya faktor yang menentukan dalam membuat keputusan untuk memilih tempat kuliner adalah promo diskon harga (65%), tempat terdekat (61%), rate tertinggi (terenak/terpopuler) (57%), tempat termurah (52%), dan tempat terlaris (47%).
 
 Produk kuliner yang paling sering dibeli  adalah fast food (63%), produk siap makan/ minum (57%), makanan buatan rumah (33%), produk siap masak (32%), produk frozen (31%), dessert (29%), produk freshmade (20%), dan healthy food (19%). 
 
Berdasarkan jenisnya, makanan tradisional Indonesia merupakan makanan yang paling disukai (44%). 
 
Fusion Indonesia dengan Asian (17%), dan fusion Indonesia dengan western (16%). 
 
Dari segi minuman, kopi (39%) adalah minuman yang paling sering dibeli oleh Gen Z dan Milenial. Disusul oleh boba drink/minuman kekinian (24%) dan teh (20%).
 
Gen Z dan Milenial saat ini juga lebih memperhatikan makanan sehat, terbukti 38% responden mengatakan makanan dengan kadar gula rendah paling disukai.
 
Tidak hanya itu, snack sehat (19%), dan makanan penurun berat badan (11%) juga merupakan pilihan produk makanan sehat yang disukai Gen Z dan Milenial. 
 
 
Ada 44% responden juga mengatakan bahwa proses pembuatan produk kuliner merupakan hal yang penting. 
 
Gen Z dan Milenial banyak menggunakan YouTube (73%) dan media sosial seperti akun khusus yang memberikan update kuliner (58%) dan influencer (50%), dan akun media sosial resmi brand kuliner (33%) untuk mencari informasi seputar kuliner.
 
 Diikuti informasi dari televisi (25%), aplikasi review restoran (14%), website (13%) dan portal berita online (9%). 
 
Konten-konten yang banyak disukai adalah konten review (44%), dan promo (33%).***
 
Sobat Genmuslim yang baik hatinya, ingin mendapat berita update setiap hari dari Genmuslim.id? Ayo gabung di Grup Telegram "GENMUSLIM NEWS", caranya klik link https://t.me/genmuslimnews, kemudian join. Langkah pertama install aplikasi Telegram di Ponsel.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Dwi Nur Ratnaningsih

Sumber: Populix, Piper Sandler

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X