GENMUSLIM.id- Mega Sales atau festival belanja di tanggal kembar 10.10, 11.11, dan 12.12, kerap dimanfaatkan oleh brand untuk menjangkau audiens dengan cara baru dan efektif, termasuk di TikTok dan Shopee.
Momen festival belanja tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya, mengingat saat ini Indonesia memasuki masa endemi, yang membuat semakin banyak orang mulai melakukan kegiatan fisik, termasuk berbelanja.
Managing Director, Wavemaker Indonesia, Amir Suherlan, mengatakan perubahan dari pandemi menjadi endemi tentu berdampak pada strategi pemasaran brand.
Pelanggan memang sudah bisa kembali berbelanja di toko offline, namun kebiasaan untuk mencari dan mendapatkan informasi produk ataupun promo secara online masih tetap ada.
"Oleh karena itulah, perlu ada perputaran informasi yang seimbang dan memadai antara online dan offline," ungkap Amir, pada Senin 17 Juli 2023.
Penemuan informasi mengenai produk dan brand juga kerap terjadi di periode festival belanja atau Mega Sales.
Dari hasil survei TikTok terhadap ratusan pengguna dan non-pengguna TikTok di Indonesia, 71% dari responden menemukan brand atau produk baru pada periode ini, dan sebagian dari mereka juga mencari informasi lebih jauh tentang brand tersebut.
Sebanyak 7 dari 10 responden juga mendapatkan informasi ini dengan menonton konten yang me-review produk incaran mereka.
Di fase pencarian informasi ini, brand yang masuk dengan konten menghibur, baik melalui kolaborasi dengan kreator ataupun iklan, bisa mendorong pengguna untuk melakukan pembelian.
Dari survei yang sama, terlihat bahwa 3 dari 10 pengguna melakukan pembelian setelah melihat iklan yang menghibur di TikTok.
Momen Mega Sales yang dipenuhi promo juga memicu lebih banyak pembelian, tepatnya 3.5 kali lipat lebih banyak, dan bahkan hampir sebagian adalah pembelian yang tidak direncanakan.
Pengalaman pengguna TikTok yang merasa terhibur dengan konten pemasaran dan berbelanja selama Mega Sales tidak berhenti setelah periode selesai, seperti yang diungkapkan 80% responden survei.
Hal ini sejalan dengan temuan bahwa video yang dibuat pengguna dan brand tentang kegiatan belanja dengan tagar #haul dan #unboxing mendapatkan lebih banyak views, yang akhirnya membuat gaung tentang produk dan brand bertahan lebih lama, bahkan setelah periode festival belanja berakhir.
Sementara itu terkait Mega Sale, kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale berhasil mencatatkan pencapaian baru dengan menghadirkan ruang dan peluang yang lebih besar bagi para pengguna.
Promo live beauty & fashion terbesar hingga puncak kampanye pada 7 Juli lalu mendapatkan respon yang positif, terlebih akan kemeriahan sesi live shopping melalui Shopee Live yang menjadi opsi belanja interaktif yang paling favorit untuk pengguna.
Namun melalui survei yang dilakukan TikTok kepada ratusan pengguna dan non-pengguna TikTok belum lama ini terungkap bahwa hiburan atau entertainment kini memegang peran kunci dalam menyukseskan strategi pemasaran brand di momen Mega Sales.
Baca Juga: UNIK! FIFA Memposting Klip Video Lionel Messi dengan Lagu Aldi Taher di Akun Tiktok Resminya!
Hal ini terjadi karena memasukkan unsur hiburan ke dalam konten iklan bisa membuat pengguna lebih engaged dan mendorong aktivitas penemuan (discovery) menjadi pembelian (purchase), bahkan setelah musim festival belanja berakhir.
Dengan adanya kombinasi fitur streaming plus entertainment dari Tiktok membuatnya semakin menarik bila dibandingkan dengan Shopee, yang memang hanya dijadikan sebagai media belanja daring.
Meski belakangan manajemen Shopee juga terus melakukan berbagai inovasi agar platform mereka tidak ditinggalkan para pengguna.
Sebab, fungsi platform yang satu ini sangat terbatas dalam urusan belanja semata.***
Sobat Genmuslim yang baik hatinya, ingin mendapat berita update setiap hari dari Genmuslim.id? Ayo gabung di Grup Telegram "GENMUSLIM NEWS", caranya klik link https://t.me/genmuslimnews, kemudian join. Langkah pertama install aplikasi Telegram di Ponsel.