Demi Tingkatkan Kualitas Guru dan Kurangi Kesenjangan Pendidikan, Begini Strategi Menteri Abdul Mu’ti

Photo Author
- Minggu, 8 Desember 2024 | 11:55 WIB
Menteri Kemendikdasmen Abdul Mu’ti menyampaikan Strategi Upaya meningkatkan Kualitas Guru dan Mengurangi Kesenjangan Pendidikan (Foto: GENMUSLIM.id/dok: kemedikbud.go.id)
Menteri Kemendikdasmen Abdul Mu’ti menyampaikan Strategi Upaya meningkatkan Kualitas Guru dan Mengurangi Kesenjangan Pendidikan (Foto: GENMUSLIM.id/dok: kemedikbud.go.id)

GENMUSLIM.id - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) terus menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh anak Indonesia, tanpa kecuali.

Hal ini kembali ditegaskan oleh Mendikdasmen Abdul Mu'ti saat melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis, 5 Desember 2024 yang dikutip GENMUSLIM melalui situs kemdikbud.go.id.

“Kami berusaha untuk memenuhi hak pendidikan setiap warga negara, sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar,” ujar Abdul Mu'ti.

Dalam kunjungannya, Abdul Mu'ti menyampaikan bahwa Kemendikdasmen saat ini sedang fokus membenahi berbagai aspek pendidikan untuk memenuhi standar nasional.

Baca Juga: Abdul Muti Berikan Pengajaran Coding Dan AI di SD Untuk Mempersiapkan Generasi Digital Masa Depan!

Mulai dari sarana dan prasarana yang memadai, peningkatan kualitas pendidik, hingga memastikan lulusan memiliki kompetensi yang relevan dengan dunia kerja.

Namun, ia juga menyadari tantangan besar yang masih menghadang dunia pendidikan Indonesia, seperti ketimpangan akses dan kualitas antara Pulau Jawa dan daerah-daerah lain.

“Kesenjangan pendidikan ini merupakan tantangan yang harus kita atasi bersama,” tegasnya.

Salah satu langkah yang menjadi prioritas adalah meningkatkan kualitas dan kompetensi para guru.

“Guru adalah ujung tombak pendidikan. Kami berkomitmen untuk meningkatkan profesionalisme mereka, baik dalam hal pengajaran maupun dalam membimbing siswa,” kata Abdul Mu'ti.

Selain peningkatan kualitas guru, pemerintah juga akan mengoptimalkan lembaga peran pendidikan seperti BPMP, Balai Guru Penggerak, dan UPT Pendidikan.

Baca Juga: Batas Akhir Guru Honorer Diangkat PPPK, Desember 2024: Berikut Tantangan Dan Solusi Dari Kemendikdasmen

Lembaga-lembaga ini diharapkan mampu menjadi motor penggerak untuk memperkuat ekosistem pendidikan di seluruh Indonesia.

Abdul Mu'ti juga mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk orang tua, tokoh masyarakat, dan organisasi lokal, untuk berkolaborasi dalam semangat gotong royong.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Muhammad Reza Nurcholis, S.Si

Sumber: kemendikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X