pendidikan

Contoh ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Pendidikan Agama Islam guru kelas 7 pada Kurikulum Merdeka

Kamis, 21 September 2023 | 10:11 WIB
Guru merancang Alur Tujuan Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka Belajar ((GENMUSLIM.id/ dok: Hermananis.com))

GENMUSLIM.id- Kurikulum terbaru yakni Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberikan ruang yang luas bagi guru serta satuan pendidikan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah, terdapat 3 istilah penting untuk dapat diimplementasikan.

Implementasi kurikulum terbaru ini seperti kompetensi inti dan kompetensi dasar yang di ubah menjadi Capaian Pembelajaran.

Capaian pembelajaran adalah fase perkembangan yang diamati oleh guru yang dimulai sejak jenjang Pendidikan Anak Usia Dini sampai Sekoah Menengah Atas, Tujuan Pembelajaran (TP) definisi dari gambaran untuk mencapai tiga aspek kompetensi, dan  Alur Tujuan Pembelajaran adalah pengganti rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran di sekolah.

Alur Tujuan Pembelajaran adalah bahasa lain dari silabus yang dapat menjadi panduan bagi guru dan siswa dalam mencapai suatu capaian pembelajaran di akhir suatu fase.

Menyusun Tujuan Pembelajaran secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu, sebagai modal dasar penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran.

Baca Juga: Tahukah Kamu? Kurikulum Merdeka Belajar Memiliki Istilah Terbaru yang Harus Dipahami Guru

Berikut adalah contoh  Alur Tujuan Pembeajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama :

 

Capaian Pembelajaran

Pada akhir Fase D, pada elemen Al-Qur’an Hadis peserta didik memahami definisi Al-Qur’an dan Hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran gama Islam. Peserta didik juga memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam. Peserta didik juga mampu menjelaskan pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Peserta didik juga memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam. Dalam elemen akidah, peserta didik mendalami enam rukun Iman. Dalam elemen akhlak, peserta didik mendalami peran aktivitas salat sebagai bentuk penjagaan atas diri sendiri dari keburukan. Peserta didik juga memahami pentingnya verifikasi (tabayyun) informasi sehingga dia terhindar dari kebohongan dan berita palsu. Peserta didik juga memahami definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis-Hadis Nabi. Peserta didik juga mulai mengenal dimensi keindahan dan seni dalam Islam termasuk ekspresi-ekspresinya. Dalam elemen ibadah, peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah salat, memahami konsep mu‘āmalah, riba, rukhsah, serta mengenal beberapa mazhab fikih, dan ketentuan mengenai ibadah qurban. Dalam elemen sejarah, peserta didik mampu menghayati penerapan akhlak mulia dari kisah-kisah penting dari Bani Umayyah, Abbasiyyah, Turki Usmani, Syafawi dan Mughal sebagai pengantar untuk memahami alur sejarah masuknya Islam ke Indonesia.

 Baca Juga: Akhiri Masa Pengabdian, Mahasiswa PPL UNIRA Lakukan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Attaraqqie

SEMESTER GANJIL

 

Elemen

Halaman:

Tags

Terkini