GENMUSLIM.id- Saat ini, para selebritas Korea dan Idol K Pop semakin disukai oleh penggemar di Indonesia, salah satunya girl group, NewJeans.
Melihat antusias masyarakat terhadap Idol K Pop, membuat brand-brand besar, khususnya brand makanan, menjadikan peluang dalam meraih insight yang lebih tinggi.
Menurut Kritikus budaya hiburan asal Korea Selatan Ha Jae Geun, kekuatan politik dan pengaruh suatu negara tidak hanya bergantung pada kekuatan militer saja, namun juga seni dan budaya yang kini dipopulerkan oleh Idol K Pop.
Korea Selatan telah menjadi pusat kekuatan global dan ekonomi melalui penggunaan soft power.
Selain itu menurut Geun, Korea Selatan memiliki agenda politik untuk menyebarkan apresiasi terhadap budaya Korea melalui K Drama, K Pop dan sekarang melalui banyak industri, salah satunya industri makanan.
“Agenda politik ini kemudian dikenal sebagai Hallyu atau Korean Wave,” ujar Geun seperti yang dilansir Genmuslim dari South China Morning Post , pada Kamis 13 Juli 2023.
Dengan kekuatan Korean Wave menurut Geun sekarang banyak idol yang ditunjuk menjadi duta atau brand ambassador baik sebagai representatif dari Korea, Asia, hingga pasar global.
Menurutnya idol K pop akan terus menjadi wajah brand karena pengaruh yang semakin besar di dunia.
Sementara itu berdasarkan Korean Foundation for International Cultural Exchange (KOFICE) pada tahun 2021 mengungkapkan bahwa 1 dari 2 orang Indonesia menyukai hal-hal berbau Korea.
Akibat dari kepopuleran para selebriti Korea ini, beberapa brand lokal Indonesia memasang strategi pemasaran dengan menggunakan para selebriti ini menjadi brand ambassador brand tersebut.
Hal ini digunakan untuk menarik perhatian banyak dari target konsumen di Indonesia.
Pada 12 Juli 2023, McDonald’s Indonesia (MCD) resmi meluncurkan kolaborasi terbarunya bersama grup penyanyi wanita asal Korea Selatan dan ikon generasi Z saat ini, NewJeans.
Kolaborasi bertajuk "NewJeans Chicken Dance Campaign" tersebut dirancang khusus untuk mempromosikan menu ayam McDonald’s yang dapat dinikmati oleh para konsumen sambil merayakan kegemarannya terhadap NewJeans.
McDonald’s seolah ingin mengulang kesuksesan kolaborasi yang pernah dilakukan dengan grup K Pop, BTS.
Beberapa bulan yang lalu, para fans BTS menyerbu gerai McDonald’s untuk membeli menu yang terdapat foto BTS di kemasannya.
Kolaborasi ini menjadi salah satu kolaborasi paling fenomenal dalam industri makanan.
Brand makanan lain yang berhasil berkolaborasi dengan Idol K-Pop adalah Oreo.
Salah satu brand cemilan terbesar di dunia tersebut pernah berkolaborasi dengan Blackpink.
Ada pula Lemonilo x NCT Dream, yang dalam setiap kemasan Lemonilo, terdapat photocard yang menampilkan wajah anggota NCT Dream.
Sementara itu Choi Siwon menjadi ikon promosi dari Mie Sedap.
Pada iklan mie sedap yang ditayangkan di televisi, terlihat Choi Siwon berakting mempromosikan salah satu brand mie terbesar di Indonesia tersebut.
Tak ketinggalan Lee Min Ho menjadi bintang iklan produk kopi Luwak White Coffee.
Pada iklan yang ditayangkan, Lee Min Ho terlihat memperagakan aktivitasnya sembari menikmati Luwak White Coffee.
Aktor pemeran drama Korea populer, Boys Over Flowers ini juga menjadi bintang iklan Roma Sari Kelapa.***
Sobat Genmuslim yang baik hatinya, ingin mendapat berita update setiap hari dari Genmuslim.id? Ayo gabung di Grup Telegram "GENMUSLIM NEWS", caranya klik link https://t.me/genmuslimnews, kemudian join. Langkah pertama install aplikasi Telegram di Ponsel.